Tips Aman Melewati Genangan Air Saat Banjir Agar Mobil tidak Mogok atau Rusak

Tips Aman Melewati Genangan Air Saat Banjir Agar Mobil tidak Mogok atau Rusak
Beberapa daerah di Indonesia hadapi curahan hujan dengan intensif tinggi yang menyebabkan batas jalan tergenangi air. Sebagai sopir dan pemilik mobil, hal itu seringkali jadi momok karena resiko yang diakibatkan.Berkendaraan di cuaca hujan mempunyai beragam resiko. Selainnya jarak pandang terbatas, terkadang sopir hadapi dengan genangan air yang menghalangi perjalanan.
 
Selain jadi biang kemacetan jalan raya, berkendaraan melewati genangan air dapat menyebabkan berhenti dan beragam peluang kerusakan elemen mobil. Berikut sejumlah tips dari bengkel mobil yang bisa Anda turuti supaya bisa melewati genangan dengan aman.
 
Pilih Rute dengan Baik
 
Hal terbaik yang dapat Anda kerjakan untuk melewati genangan ialah tidak untuk melaluinya sama sekalipun. Ini dapat Anda kerjakan secara menyaksikan opsi jalur pada program jalan raya dan navigasi yang Anda pakai. Anda bisa juga cari info dari informasi atau sosial media berkenaan ruas-ruas jalan yang tergenangi air.
 
Sesudah ketahui batas jalan yang tergenangi, Anda dapat berencana jalur yang bisa dilalui oleh mobil Anda sesaat akan berkendaraan. Dengan itu, Anda tidak perlu melewati genangan air sejauh perjalanan.
 
Perhatikan Kendaran Lain yang Melewati Genangan Air
 
Bila mau tak mau melewati batas jalan yang tergenangi air, Anda harus ketahui batasan kekuatan mobil dalam melewati genangan. Yang pertama harus jadi perhatian ialah status intake atau aliran udara di mesin.
 
Peluang air untuk masuk ke mesin yang paling besar ialah dari intake, jadi lihat ketinggian mobil lain di muka Anda saat melewati genangan untuk meramalkan kekuatan mobil dalam melewati genangan.
 
Bila genangan terlihat semakin tinggi dari status intake mobil Anda, upayakan untuk memutar balik dan cari jalur lain. Jangan memaksakan untuk terjang genangan bila Anda tidak percaya dengan tinggi air.
 
Disamping itu, memperhatikan mobil di muka Anda berperan untuk menyaksikan beberapa hal yang perlu dijauhi saat anda melewati genangan yang serupa. Kadang ada aliran air di tepi jalan atau lubang jalan yang dapat membuat mobil Anda terjerumus lebih dalam.
 
Gunakan Gigi Rendah
 
Bila mobil Anda bertransmisi manual, pakai dan jaga gigi 1 saat memotong genangan air. Bila transmisinya automatis, masukan tuas persneling ke status L atau Low atau status 1. Samakan penekanan pada pedal gas untuk menjaga rpm mesin supaya tidaklah sampai melewati 2.000 rpm. Memakai rpm tinggi saat melewati genangan air malah beresiko semakin tinggi.
 
Saat mesin berotasi pada di rpm tinggi, throttle bodi buka semakin besar untuk mengisap udara lewat aliran intake. Karena hisapan yang semakin kuat, air yang ada di sekitaran intake akan turut terserap.
 
Anjuran kami pakai gigi rendah, jalan perlahan-lahan, dan jika dapat pakai perputaran mesin yang rendah saja contoh 1.200 - 1.500 rpm tapi konstan. Dengan begitu, hisapan dari box filter ke mesin tidak terlampau kuat hingga bisa meminimalisir risiko berlangsungnya water hammer.
 
Jaga Jarak Aman dari Mobil di Depan
 
Selainnya rpm mesin, dogma yang lain kerap tersebar ialah berkendaraan ada di belakang mobil atau kendaraan semakin besar untuk memotong genangan air. Berdasar teori, benar ada betulnya. Tetapi hal itu malah memunculkan resiko yang lain malah dapat semakin mencelakakan.
 
Saat berkendaraan ada di belakang kendaraan lain, Anda tidak paham kapan sopir di muka akan lakukan pengereman. Bila terlampau dekat, Anda malah akan kesusahan untuk memperhitungkan jarak supaya tidak ada tubrukan. Beri jarak aman di antara ke-2 mobil hingga tidak ada resiko lain saat melewati genangan.
 
Nah, itu baru saja beberapa tips aman melewati genangan air saat banjir menerpa. Dengan lakukan beberapa tips di atas, mudah-mudahan perjalanan Anda masih tetap aman walau saat banjir. Semoga apa yang kami beri bermanfaat untuk Anda.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 08 Juli 21 - 14:27 WIB
Dalam Kategori : TIPS MELEWATI BANJIR
Dibaca sebanyak : 34 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback