Kerajinan Khas Lombok Rekommend

Kerajinan Khas Lombok Rekommend
 
Lombok ialah pulau yang mempunyai ciri-ciri unik dan budaya yang dikuasai oleh budaya bali dan Gumi Sasak, adapun dalam penuhi kehidupan setiap hari mereka memakai beberapa anyaman atau kerajinan untuk sumber dari pendapatan yang kemungkinan kurang dipandang dari sisi komersial karena marketingnya masih dilaksanakan untuk warga lokal dan suku.
 
Gumi sasak berpotensi peningkatan pariwisata yang paling mengagetkan dengan beberapa pantai yang cantik dan pemandangan alam yang mengambil alih perhatian banyak kelompok investor untuk berinvenstasi dan dapat memberi kehidupan ekonomi yang bagus untuk warga gumi sasak lombok.
 
Berita lombok hari ini akan mengulas beberapa kerjinan yang menjadi tulang punggung ekonomi sebagian masyarakat dalam sebuah rumpun daerah atau pedesaan seperti :
 

1. Kerajinan Songket

 

Adalah kerajinan tenun yang dilaksanakan oleh warga yang ada di daerah Sade kecamatan Rambitan Lombok tengah dan di Dusun Sukarara kecamatan Jonggat dengan keunikan yang unik dan berbeda tetapi mereka saat ini jadi wilayah tujuan budaya lombok dengan keunikan berbentuk Rumah tradisi dan Songket, harga songket disamakan berdasar nilai kesukarang pembikinannya sekitaran Rp. 250.000,- s/d Rp. 1.000.000,-
 

2. Kerajinan Keramik atau Gerabah

 

Kerajinan ini berbentuk kerajinan memiliki anyaman dari tanah liat atau tanah malit yang dilaksanakan oleh satu kelompok masyarakat dusun Banyumulek Lombok Barat kerajinan ini lebih banyak memperoleh pesanan baik di luar negeri atau untuk keperluan masyarakat lokal baik itu untuk perhotelan atau untuk keperluan rumah tangga sebagai mebel atau kelengkapan rumah, harga bisa di pacak sama sesuai ukuran anyaman sekitar di antara Rp. 50.000,- s/d Rp. 1.000.000,-
 

3. Kerajinan Furnitur Rotan atau Bambu

 

Kerajinan furniture ini bisa kita dapatkan di dusun Beleke Lombok tengah dan umumnya kerajinan ini mendapatkan pesanan dari Pulau Dewata Bali dan beberapa kembali digunakan untuk peralatan rumah untuk marketing lokal saja, omzet yang dapat diperoleh capai juta-an rupiah dengan mengaryakan 10 s/d 15 orang, harga di pacak sesuai ukuran furniture yang dibikin di kirasaran Rp. 300.000 s/d Rp. 2.000.000,- ( per buah)
 

4. Kerajinan Berugak/Bungalows

 

Kerajinan ini ialah wujud dari penjilmaan kerajinan berbentuk rumah tradisi namun pada wujud yang minimalis, pembikinnnya diperlukan sampai beberapa bulan, dengan dasar kayu dan bahan yang lumayan besar dan susah hingga nilai harga di pacak mulai Rp. 5.000.000,- s/d Rp. 10.000.000,- per buah, dan kerajinan ini bisa kita dapatkan di Gunung Sari Mataram.
 

5. Kerajinan Pagar atau Kerajinan Bambu

 

Kerajinan yang dibikin dari bambu yang di potong kecil-kecil yang dipadankan keduanya yang disebut sisi dari pendamping rumah dan seringkali kita dapatkan, kerajinan semacam ini kerap kita dapatkan di semua Lombok baik itu Lombok Barat persisnya di Sesile Gunung Sari, harga di pacak sama sesuai ukuran dan nilai kesukaran dari Rp. 50.000,- s/d Rp. 500.000,-
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 31 Mei 21 - 18:30 WIB
Dalam Kategori : KERAJINAN KHAS LOMBOK
Dibaca sebanyak : 111 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback