dudit
Blog Universitas Komputer Indonesia

Jenis Gangguan pada Tulang yang Sering Dialami Oleh Tubuh

Jenis Gangguan pada Tulang yang Sering Dialami Oleh Tubuh
Tulang ialah jaringan yang berperanan penting dalam memberikan wujud tubuh dan menyokong tubuh keseluruhannya. Disamping itu, tulang berperan menolong tubuh untuk bergerak. Jaringan tulang akan semakin berkembang dan mengupdate diri sejauh hidup Anda.
 
Gangguan pada tulang bukan hanya batasi kegiatan Anda setiap hari, tetapi mengusik beragam peranan tubuh yang berpengaruh pada kesehatan. Keadaan ini bisa disebabkan karena beragam hal. Oleh karenanya, penting untuk mengenal beragam gangguan tulang supaya pengatasan bisa dilaksanakan semenjak dini.
 
Gangguan pada Tulang
 
Tulang sebagai sisi yang membuat rangka tubuh. Jaringan tulang yang kuat ini tersusun dari protein dan beragam mineral, khususnya kalsium fosfat dan kalsium karbonat. Selainnya bekerja sebagai penunjang dan pembentuk bentuk tubuh, tulang berperan sebagai area untuk menyimpan kalsium dan atur kesetimbangan kalsium dalam tubuh.
 
Karena perannya yang demikian penting, telah sepantasnya kesehatan tulang selalu dijaga. Tetapi, kadang ada banyak gangguan tulang yang dapat terjadi. Menurut dokter ortopedi, ada beragam tipe gangguan tulang yang cukup kerap dirasakan oleh tubu, antara lain ialah:
 
Osteoporosis
 
Osteoporosis adalah gangguan pada tulang yang biasa terjadi. Osteoporosis terjadi saat pembangunan tulang baru tidak bisa menyeimbangi kerusakan pada tulang yang lama, hingga tulang jadi kurang kuat dan ringkih atau keropos. Osteoporosis umum terjadi bersamaan penuaan. Gangguan pada tulang ini condong semakin banyak terjadi pada wanita yang sudah menopause.
 
Disamping itu, ada faktor-faktor yang lain dapat tingkatkan resiko osteoporosis, yakni factor genetik, rutinitas merokok dan konsumsi alkohol, keadaan klinis tertentu, dan pemakaian obat kortikosteroid periode panjang.
 
Di tahapan awalnya, osteoporosis umumnya tidak memiliki gejala. Tetapi, beberapa pasien osteoporosis kemungkinan dapat alami keluh kesah sakit punggung karena tulang belakang yang mulai rengat atau ringkih, tubuh makin pendek, atau bentuk tubuh jadi bungkuk. Pasien osteoporosis beresiko tinggi alami patah tulang.
 
Osteomielitis
 
Osteomielitis terjadi karena infeksi bakteri pada tulang. Pada anak-anak, infeksi tulang biasanya terjadi di tempat lengan dan kaki. Sementara ke orang dewasa, infeksi ini umumnya ada pada bagian pinggul, tulang belakang, dan kaki.
 
Infeksi tulang tidak dapat dipandang remeh. Bila didiamkan, gangguan pada tulang yang ini bisa membuat tulang jadi hancur tetap. Ada gejala-gejala yang diakibatkan oleh osteomielitis, diantaranya demam, kecapekan, tulang yang terkena berasa ngilu kemerahan, dan lebam, dan kesusahan gerakkan tulang yang ngilu.
 
Tumor Tulang
 
Tumor tulang dapat memiliki sifat jinak atau garang (kanker) yang bisa menebar ke semua jaringan tubuh. Tumor tulang terjadi saat terjadi bertambahnya jumlah sel tulang yang berlebihan, hingga membuat satu massa atau gumpalan jaringan tulang.
 
Pemicu penyakit ini belumlah diketahui dengan cara tepat, tetapi tumor umum terjadi saat sisi tubuh sedang berkembang dengan cepat. Beberapa macam tumor tulang salah satunya giant cell tumor, enchondroma, dan tumor tulang garang seperti osteosarcoma.
 
Spondilosis
 
Spondilosis terjadi karena proses penuaan dan biasanya terjadi pada umur di atas 40 tahun. Dengan pertambahan umur, tulang dan jaringan ikat pada tulang belakang kerap alami kerusakan, terhitung cakram yang disebut bantalan antara batas tulang belakang.
 
Cakram tulang belakang yang menurun dan aus bisa mencolok, selanjutnya tekan atau menjepit saraf. Spondilosis bisa terjadi tanpa tanda-tanda atau mungkin dengan tanda-tanda.
 
Penyembuhan untuk gangguan ini mempunyai tujuan untuk kurangi ngilu di punggung dan leher, dan tanda-tanda lain karena pencapitan saraf. Salah satunya tipe pengatasan yang sudah dilakukan dengan pemberian obat antinyeri atau mungkin dengan fisioterapi.
 
Osteofit
 
Osteofit ialah gangguan pada tulang berbentuk benjolan tulang (bone spurs) yang tumbuh pada tulang belakang atau sekitaran sendi. Umumnya, osteofit tercipta dari sisi persendian yang terserang osteoarthritis. Osteofit bisa tumbuh dari sisi tulang mana saja, tetapi paling umum terjadi di tempat leher, pundak, lutut, punggung bawah, jemari tangan atau ibu jemari kaki, kaki atau tumit.
 
Gangguan pada tulang, apa saja macamnya, perlu diatasi oleh dokter spesialis tulang atau dokter ortopedi. Untuk menyembuhkannya, dokter ortopedi akan lakukan pengecekan fisik dan jalani pengecekan pendukung, seperti rontgen dan test darah. Hal tersebut untuk tentukan analisis dan tipe penyembuhan yang bakal dilaksanakan ke pasien.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 11 Agustus 21 - 13:37 WIB
Dalam Kategori : GANGGUAN PADA TULANG
Dibaca sebanyak : 338 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback