dudit
Blog Universitas Komputer Indonesia

Jenis Digital Marketing yang Dapat Diterapkan untuk Bisnis UKM

Jenis Digital Marketing yang Dapat Diterapkan untuk Bisnis UKM
Sebagai pelaku bisnis, kamu tentu sudah akrab dengan istilah digital pemasaran. Sekarang ini, umumnya usaha baik UKM atau yang telah besar lakukan marketing mereka secara digital. Masalahnya taktik digital pemasaran lebih murah dibanding lakukan marketing melalui media bikin, radio, atau TV. Karena itu, digital pemasaran memungkinkan dilaksanakan oleh pelaku bisnis UKM.

Disamping itu, digital pemasaran terdiri banyak tipe serta lebih gampang untuk dipantau. Di lain sisi, dengan adanya banyak beberapa jenis digital pemasaran dan beragam istilah didalamnya dapat membuat pelaku bisnis kebingungan tentukan taktik apakah yang pas dan sesuai arah yang ingin diraih dalam usahanya. Agar kamu tidak bingung-bingung, berikut sejumlah tipe digital pemasaran yang pantas kamu coba untuk usaha UKM kamu.

Content Marketing

Content marketing fokus di proses pembikinan dan pembagian content ke sasaran konsumen dari usahamu. Type pemasaran yang ini lebih mengutamakan pada pembikinan content yang stabil, berharga, berkaitan, dan engaging untuk audience. Dengan membuat content yang dicari oleh audience, kamu juga dapat semakin gampang menarik konsumen setia. Sekarang ini rerata usaha mengaplikasikan konten pemasaran, baik lewat website, video, podcast, ebook, dan lain-lain.

Instant Messaging Marketing

Saat ini hampir semuanya orang tersambung ke program instan messaging seperti Whatsapp, LINE, atau Facebook Messenger. Menurut Kominfo, jumlah pemakai Whatsapp di Indonesia per 2019 telah capai 171 juta jiwa.

Bila kamu ingin capai sasaran pasarmu lebih individual, instan messaging pemasaran menjadi opsi untuk pasarkan produk atau jasamu sekalian salah satunya langkah jualan online. Masalahnya orang lebih memercayai info yang dikirimkan lewat program chat dibanding melalui SMS atau e-mail.

Social Media Marketing

Salah satu jenis digital pemasaran yang nyaris dipakai oleh semua usaha ialah media sosial pemasaran. Melalui sosial media, kamu dapat tarik konsumen, tingkatkan kesadaran orang akan merek usahamu, bahkan juga membuat jalinan dengan konsumen setia.

Saat ini, ada beberapa basis sosial media yang dapat kamu tentukan dimulai dari Instagram, Twitter, Facebook, dan banyak. Tentukan sosial media yang sesuai sasaran pasarmu. Misalkan, bila usahamu mengutamakan pada visual misalkan seperti usaha baju, Instagram peluang opsi yang lebih cocok untuk usahamu. Bila spesialis usahamu ialah B2B, LinkedIn jadi basis yang pas untukmu.

Affiliate Marketing

Jika tujuanmu ialah supaya usahamu makin dikenali beberapa orang, taktik pemasaran yang ini dapat kamu aplikasikan. Dalam afiliasi pemasaran, kamu bermitra dengan seorang, influencer misalkan, atau sebuah usaha untuk mempromokan usahamu.

Kerjasamanya dapat berbentuk banyak wujud, dimulai dari content sosial media, content website, code potongan harga, dan lain-lain. Untuk tipe digital pemasaran yang ini, kamu pasti memerlukan bujet tertentu untuk bekerja bersama sama orang itu.

Email Marketing

Biasanya email pemasaran dipakai untuk marketing yang karakternya langsung seperti sampaikan info atau up-date, penawaran, promosi, dan lain-lain. Tetapi, e-mail pemasaran bisa juga dipakai untuk berhubungan dengan konsumen setia.

Kemungkinan, konsumen setiamu terima banyak e-mail sehari-harinya. Karenanya, kamu perlu mengaplikasikan beberapa taktik saat lakukan e-mail pemasaran supaya email-mu dibaca dan tidak masuk ke kotak spamming. Cari info kapan saat yang cocok untuk mengirimi e-mail dan terus up-date mailing daftar usahamu. Agar tidak ribet, kamu dapat memakai jasa e-mail pemasaran tools.

Pay-Per-Click (PPC)

Pay-per-click sebagai mode advertensi di mesin perayap seperti Google. Pada intinya, mode ini dipakai supaya situs berjualan online-mu dapat ada di teratas pada hasil mesin perayap dengan berbayar. Maka kamu akan mendapatkan bill setiap web online shop punyamu memperoleh click. Ongkosnya bergantung pada kualitas website berjualan online-mu dan keyword yang diputuskan. Taktik PPC ini menjadi jalan keluar periode pendek untuk pasarkan usahamu dan langkah jualan online yang efisien untuk tawarkan promo-promo tertentu.
 
Simak Juga : Growandbless

Search Engine Optimization (SEO)

SEO dilaksanakan untuk optimasi supaya web toko online-mu punyai rangking yang baik pada hasil mesin perayap. Lantas apakah beda dengan PPC? Jika PPC karakternya berbayar, SEO karakternya organik dan gratis. Beberapa orang malas berpindah ke halaman 2 saat cari suatu hal di mesin perayap. Oleh karenanya, SEO penting bila kamu ingin situs berjualan online punyamu gampang diketemukan calon konsumen dan mendapatkan trafik yang tinggi.

Berlainan dengan PPC, SEO ini karakternya periode panjang. Bagaimanakah cara mengaplikasikannya? Satu diantaranya dengan pilih keyword yang pas dan pastikan web toko online-mu SEO friendly. Jika kamu tidak ingin pusing, kamu dapat memakai jasa pembikinan online shop hingga web online shop kamu lebih maksimal.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 24 November 21 - 12:41 WIB
Dalam Kategori : JENIS DIGITAL MARKETING
Dibaca sebanyak : 194 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback