Cara Membuat Bonsai Bougenville Berbunga Lebat

Beragam-ragam tipe tumbuhan yang dapat ditanamkan tehnik bonsai. Salah satunya yaitu bunga kertas atau umum dikenal namanya bougenville. Bougenville memiliki tipe - tipe warna yang cantik. Sampai cocok jadi sebagai tanaman bonsai bougenville.
 
Bunga bougenville yang memiliki nama ilmiah Bougainvillea adalah type tanaman hias yang cukup populer. Memiliki banyak type dan warna bunga, tanaman hias dicintai karena perawatannya yang cukup mudah. Bunga bougenville dekat namanya Bunga Kertas di Indonesia karena kelopaknya yang tipis dan seperti kertas.
 
Di alam, tanaman hias bougenville bisa tumbuh menjadi pohon tinggi dan bisa raih tinggi beberapa mtr.. Tapi, sebagai tanaman hias, tanaman ini biasanya hanya tumbuh sampai satu mtr. saja. Alternative lain untuk menjadikan bunga yang dilihat seperti tanaman pembawa keberuntungan ini sebagai tanaman hias dengan untuk jadi tanaman bonsai imut dengan bunga yang paling rimbun.
 
Bonsai Bougenville memerlukan perawatan yang lumayan gampang. Disamping itu, bunganya yang terbagi dalam berbagai macam warna kelihatan benar-benar elok. Bougenville tumbuh secara baik di Indonesia. Tidaklah aneh bila bunga kertas yang ini benar-benar disukai orang untuk bikin tanaman bonsai.
 

6 Langkah Membuat Bonsai Bougenville Berbunga Lebat

 
Supaya tanaman bunga atau Bonsai Bougenville yang sudah Anda menjadikan dapat mempunyai bunga yang tumbuh dengan lebat. Ada cara-cara perawatan yang penting diingat sesuai panduan dari bonsaikita.com . Yok, langsung baca saja beberapa panduan di bawah ini.
 

1. Pilih Waktu yang Pas untuk Memindahkan Bonsai ke Dalam Pot

 
Dalam menjaga bonsai yang dibuat dari tanaman bougenville, hal pertama kali yang harus jadi perhatian ialah penempatannya dalam pot. Saat sebelum dipindahkan ke pot, tanaman Bougenville seharusnya di tanam di tanah lebih dulu.
 
Bougenville mempunyai akar yang tipis dan ringkih hingga menanamnya dalam tanah sanggup membuat akarnya kuat dan menggairahkan perkembangan akar lateral. Yakinkan ranting pada tanaman ini telah tumbuh lumayan besar saat sebelum lakukan perpindahan pada tempat tanam yang baru.
 
Bila, Anda merencanakan untuk mengalihkan bougenville ke pot. Lakukan saat tanaman ini mengalami perkembangan yang cepat, umumnya terjadi di akhir musim semi. Ini akan membuat tanaman sanggup tahan lama dalam pot.
 

2. Lihat Kondisi Tanah yang Dipakai untuk Menanam Bonsai

 
Keadaan tanah yang dipakai sebagai tempat tanam bonsai penting juga untuk jadi perhatian. Tempat tanam perlu dikasih pupuk organik yang mengandung nitrogen untuk memberikan dukungan perkembangan daunnya. Bonsai akan tumbuh dengan maksimal bila tanah yang dipakai mempunyai 40 % kandungan organik.
 
 
Anda dapat menyatukan tanah untuk menanam bonsai dengan tempat tanam lainnya seperti pasir kasar, batu apung, dan serpihan batu granit.
 

3. Pastikan Bonsai Mendapatkan Cahaya yang Cukup

 
Tanaman Bougenville benar-benar menyenangi cahaya matahari. Hingga, baiknya bonsai tanaman ini ditempatkan pada tempat terbuka dengan sinar matahari langsung atau dalam ruang yang memperoleh banyak sinar matahari. Tanpa cahaya matahari yang cukup, bonsai akan tumbuh dalam jumlah daun yang sedikit.
 

4. Memberi Asupan Air yang Sesuai

 
Bonsai Bougenville memerlukan serapan air yang bagus. Tanah yang terlampau basah akan membuat akarnya gampang busuk dan banyak jamur hingga tanaman tidak dapat berkembang secara baik.
 
Kecuali, memerhatikan kandungan air pada tanah, Anda pun harus menyiraminya dengan teratur, terutamanya saat daun-daun pada tanaman ini sedang tumbuh rimbun.
 

5. Lakukan Pemantauan Suhu

 
Bonsai dapat tumbuh dengan maksimal bila Anda menyimpan pada tempat dengan temperatur yang tepat. Untuk tanaman Bougenville, temperatur yang sanggup mendukung perkembangan secara baik ialah di atas 40 derajat Fahrenheit.
 
Pengawasan temperatur harus dilaksanakan secara periodik. Nach, bila Anda ingin mengalihkan bonsai ke pot yang baru, yakinkan temperatur di sekitarnya capai 50 derajat Fahrenheit.
 

6. Pemangkasan Bonsai Secara Teratur

 
Supaya tanaman dapat dibuat sesuai keingingan, karena itu pemotongan pada batang-batang tanaman perlu dilaksanakan dengan teratur. Jauhi memotong tanaman saat bonsai bougenville kita tidak berbunga. Waktu paling efisien untuk pemotongan ialah saat bonsai pada kondisi sehat dan tumbuh dengan akif.
 
Pemotongan harus dilaksanakan dengan berhati-hati supaya tidak menghancurkan sisi tanaman lainnya. Tidak itu saja, Anda dapat menambah kawat untuk arahkan perkembangan cabang-cabang seperti wujud yang ingin diraih.
 
Nah, itu cara-cara menjaga bonsai bougenville supaya bisa tumbuh dengan maksimal. Perkembangan bonsai yang maksimal tentu saja akan hasilkan daun dan bunga yang lebat hingga lebih memikat buat dilihat.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 29 April 21 - 14:18 WIB
Dalam Kategori : BONSAI
Dibaca sebanyak : 32 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback