dudit
Blog Universitas Komputer Indonesia

8 Persiapan Penting Saat Membangun Web Promosi Bagi Developer Pemula

8 Persiapan Penting Saat Membangun Web Promosi Bagi Developer Pemula
Membuat website promosi tidak hanya mengandalkan kemampuan dalam pemrograman web. Tetapi ada banyak hal external yang lain yang otomatis mempengaruhi kualitas dan perform dari web yang kita rancang.

Membuat web khususnya situs promo kuat hubungannya dengan index mesin perayap. Proses index halaman dan segalanya yang terkait dengan mesin perayap sebaiknya dipikir lebih dulu saat sebelum proses pembikinan situs promo dilaksanakan. Maksudnya benar-benar simpel untuk menolong mesin perayap ketahui isi web secara mendalam sesuai kemauan atau sasaran kita.

Dalam masalah ini developer berusaha dengan semua atribut yang dibutuhkan, supaya web yang dibikin bisa ramah dengan mesin perayap. Ramah dalam masalah ini ialah ramah dalam makna yang sebetulnya, bukan sebuah kecurangan script dan hal negatif yang lain.

Didasari dengan pengalaman pembikinan web semenjak tahun 2015, kami coba membagi 8 perhatian penting yang penting developer pemula lihat saat membuat atau membuat web promo untuk konsumen setia pertama anda.

Kami percaya anda sekarang ini telah mengusai dalam soal bahasa pemrograman situs dan semua wujud script data input sampai output data. Dalam ulasan artikel ini, kami tidak kebanyakan menyentuh bahasa pemrograman dan kekuatan anda saat membuat program. Tetapi lebih mengulas mengenai penglihatan lain dari segi mesin perayap, pengalaman pemakai internet, dan pengalaman kami dalam perancangan web.

Kami dimulai dari pengalaman kami yang perlu pelajari dan berkali-kali lakukan redesign pada web promo kami. Ini bermula dari ide back-end yang terikut ke front-end web. Jujur ini ialah satu hal yang malu-maluin untuk diulas secara khalayak, tetapi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, kami coba untuk buka cedera lama ini.

Awalnya, kami terangkan apakah itu back-end dan front-end web. Secara simpel back-end ialah sisi web yang cuman dapat dijangkau bila memiliki hak akses atau dapat disebutkan sebagai halaman admin. Dan front-end ialah sisi yang tidak membutuhkan akses khusus agar bisa terhubung, misalnya ialah halaman dari artikel ini.

Arah pembikinan halaman back-end untuk pengendalian data web saat sebelum diperlihatkan pada halaman front-end, sampai ide ini diaplikasikan tidak ada permasalahan memiliki arti yang penting anda cemaskan.kuatirkan.

Permasalahan baru memulai ada saat mesin perayap (kami khususkan Google) mengindeks dan memberi report pada web yang kami bikin. Banyak error yang ada dan kami terus berusaha untuk mengatasi dalam periode pendek atau untuk periode panjang. Tetapi istilah "Tidak berhasil dalam perancangan, memiliki arti membuat Ketidakberhasilan" berlaku untuk web kami.

Perancangan awalan yang salah mewajibkan kami me-redesign web promo kami. Artikel yang telah ter index dengan status yang baik harus kami ikhlaskan turun ke entahlah berantah dan memulai merayap kembali dari sejak awalnya. Ini diistilahkan sebagai satu dobrakan untuk akhiri budaya jelek yang awalnya kami aplikasikan pada web.

Dari ke-3 substansi itu mesin perayap dan pemakai ialah target atau sasaran yang hendak kita mencari dan kuasai. Untuk capai hal itu memerlukan pengetahuan khusus yang akan dijumpai oleh developer pemula dalam membuat atau membuat web promo, agar ramah dari segi mesin perayap dan pemakai. Pengetahuan yang kami tujuankan di atas akan kami kumpulkan ke 8 perhatian penting yang penting diperhatikan saat membuat website promosi berikut :

1. Analisa kebutuhan website dan pengguna

Analisa kebutuhan website dan pengguna adalah hal yang paling pertama kali yang harus anda lihat. Analisis keperluan ini nanti bisa menjadi dasar arah pembikinan atau peningkatan web promo anda. Bila dihubungkan dengan transisi pembikinan mekanisme atau yang kerap disebutkan dengan Sistem Development Life Cycle (SDLC) dengan sistem Waterfall, tingkatan ini ada pada tingkatan Requirements dan Analysis.

Ini karena keperluan ini yang hendak seterusnya anda analisis dan anda translate ke perancangan. Dari analisis keperluan ini selanjutnya akan hasilkan analisis tehnologi yang dapat diaplikasikan ke web dan sekalian akan hasilkan perancangan design antar-muka web.

2. Pemilihan teknologi web yang pas guna

Memilih teknologi yang tepat buat untuk web promo ialah perhatian seterusnya yang penting anda lihat. Ini terkait dengan kebergunaan tehnologi untuk menjawab keperluan yang ada atau perpecahan dari keperluan yang ada.

Web promo itu diharap cepat pada proses load halaman. Ini mempunyai tujuan supaya pemakai situs yang akan terhubung tidak begitu lama menanti sampai halaman tujuan bisa terbuka dengan seutuhnya. Oleh karena itu penyeleksian tehnologi yang hendak diaplikasikan ke web minimal tidak membuat load web jadi lamban.

3. Struktur URL dalam website

Struktur URL dari halaman front-end web promo sebaiknya anda lihat secara baik. Ini terkait dengan hirarki web yang anda bikin. Dengan susunan URL yang terang bisa menolong Google dalam pahami content yang dipandang penting dalam web. Ini karena mesin perayap memandang URL itu sebagai susunan directory dari web.

4. Fungsi meta tag pada halaman website

Meta tag ini akan berisi info dasar dari web ke mesin perayap. Disamping itu meta tag akan tampilkan kutipan web saat share URL web ke media sosial atau chat individual di program yang memberikan dukungan performa kutipan web.

Mesin perayap manfaatkan meta tag untuk tampilkan kutipan hasil penelusuran (search result). Dengan manfaatkan meta tag karena itu anda bisa atur bagaimana performa halaman web anda dalam hasil penelusuran mesin perayap. Ini benar-benar bermanfaat untuk mengundang perhatian pemakai internet untuk selekasnya berkunjung web saat lakukan searching.

5. Penggunaan link canonical dan hreflang

Di dalam perancangan web promo implementasi link canonical dan hreflang menjadi satu diantara sisi metadata yang penting jadi perhatian. Link canonical akan menolong mesin perayap untuk tentukan pemilikan content halaman web hingga tidak ada permasalahan konten duplikat pada web. Di sisi lain pemakaian tag hreflang akan tentukan alternative URL berdasar bahasa dari web.

Pemakaian canonical dan hreflang jadi penting saat web yang kita rancang mempunyai halaman dalam bahasa berlainan. Selanjutnya tentang pemakaian hreflang bisa anda baca pada artikel "Pemakaian Hreflang untuk Penargetan Internasional".
 
6. Penanganan error 404 dan penerapan redirect 301

Penanganan error 404 jadi penting saat web sudah mempunyai traffic yang tinggi. Ini terkait dengan pengalaman pengguna dari pemakai web. Saat traffic tinggi dan halaman web alami error 404 atau halaman tidak diketemukan, karena itu pemakai langsung akan keluar dan pada akhirannya nilai bounce rate jadi bertambah.

Selainnya dibanding itu, tangani error 404 jadi penting karena ada laporan kenaikan error di webmaster tools mesin perayap. Untuk tangani ini, pemakaian redirect 301 menjadi satu diantara langkah yang bagus. Dengan redirect 301 karena itu mesin perayap akan mengidentifikasi jika halaman yang alami error 404 sudah diarahkan secara tetap ke halaman tertentu. Proses dari redirect itu, karena itu jumlah halaman yang terindeks dan alami error 404 akan menyusut bersamaan proses reindex dari mesin perayap.

7. Merancang sitemap website

Website promosi hendaknya mempunyai susunan link yang baik dan diringkas dalam sitemap. Sitemap ini bermanfaat untuk memberi info ke mesin perayap berkaitan dengan beragam hal misalnya:

Judul halaman
Link canonical
Waktu modifikasi paling akhir dari tiap halaman

Dengan memberikan info itu dalam sitemap karena itu anda bisa mengawasi berapakah artikel yang sudah dikirimkan ke mesin perayap dan berapakah artikel yang sudah diindex. Begitu halnya indeks gambar dan video bisa anda saksikan secara mendalam di laporan sitemap. Ini tentu saja bisa menolong anda pada proses optimisasi web promo yang anda lakukan.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 09 April 22 - 09:36 WIB
Dalam Kategori : PERSIAPAN PENTING SAAT MEMBANGUN WEB
Dibaca sebanyak : 40 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback